You are here
Nasional Pendidikan 

Pemilihan Rektor baru UNS akan segera dilakukan

SURAKARTA – Majelis Wali Amanat (MWA) UNS yang sebelumnya dibekukan akan kembali diaktifkan. Hal itu berdasarkan audiensi dengan Tim Teknis Pendukung Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

Serangkaian tahapan untuk mengaktifkan kembali MWA. Setelah MWA kembali aktif, tahapan selanjutnya adalah melaksanakan kembali pemilihan Rektor UNS.

Ketua Dewan Profesor UNS Prof Suranto mengatakan, audiensi dilakukan di ruang sidang Ditjen Diktiristek, lantai 18, Senin (31/7/2023) siang.

“Sudah dijadwalkan pemilihan rektor baru, setelah aktif MWA akan menata kembali pemilihan ulang rektor kata Prof. Suranto pada konpres”

Tahapan pemulihan dan pengaktifan MWA dimulai dengan penataan keanggotaan Senat Akademik Fakultas (SAF) pada Juli-Agustus 2023. Lalu penataan keanggotaan Senat Akademik (SA) pada Agustus-September 2023. Kemudian dilanjutkan pemilihan anggota MWA pada September-Oktober 2023, serta pengaktifan MWA pada Oktober-November 2023.

Selanjutnya MWA yang telah diaktifkan akan menyusun peraturan MWA di antaranya tata cara penyusunan peraturan internal, peraturan pemilihan rektor, dan lainnya pada November-Desember 2023. Adapun tahapan pilrek UNS dijadwalkan pada Desember 2023-Februari 2024.

Suranto mengatakan rangkaian tahapan itu merupakan salah satu poin yang disampaikan pihak Tim Teknis Pendukung Mendikbud Ristek kepada jajaran pimpinan UNS saat beraudiensi di Jakarta, Senin, 31 Juli 2023.

“Dari Kemdikbud Ristek menegaskan komitmennya untuk menyelamatkan UNS yang baru berstatus PTNBH, dari praktik tata kelola perguruan tinggi yang kurang baik,” ucapnya.

Related posts

Leave a Comment